Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara menghilangkan ketombe – Ketombe selain menimbulkan rasa tidak percaya diri juga dapat mengganggu aktivitas Anda. Karena jika Anda mempunyai ketombe maka selalu ada rasa gatal yang tidak pernah berhenti. Tentu Anda tidak ingin sepanjang hari dihabiskan dengan menggaruk-garuk kepala, kan?

Namun jangan panik karena sebenarnya memghilangkan keotmbe itu gampang dan murah. Aplagi sekarang Anda bisa menggunakan cara menghilangkan ketombe dengan cara alami tanpa harus menggunakan sampo yang mahal.

Ada banyak bahan alami di sekitar Anda yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Bahan-bahan tesebut bersifat ampuh dan efektif. Berikut ini adalah banyak cara menghilangkan ketombedengan cepat dan menggunakan bahan alami.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

cara menghilangkan ketombe dengan cepat
star2.com

1. Menggunakan jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombeyang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Buah sitrus yang stau ini memang mempunyai banyak manfaat bukan hanya bagi kesehatan tubuh dan kulit saja. Namun kulit kepala Anda juga dapat merasakan manfaat dari jeruk nipis.

Belah jeruk nipis menjadi dua, kemudian gosokan potongan buah jeruk nipis ke kulit kepala Anda sebelum keramas hingga semua bagian kulit kepala terkena air jeruk nipisnya. Kemudian Anda keramas seperti biasa. Lakukan ini selalu sebelum Anda keramas.

2. Menggunakan garam

Ketombe yang membandel juga bisa rontok hanya dengan menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Garam juga bisa berfungsi sebagai scrub alami yang dapat mmebantu Anda untuk mengangkat ketombe yang menempel di kulit kepala Anda.

Garam juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di kulit kepala Anda sebelum Anda keramas. Anda hanya perlu 3 sdm garam dapur dan gosokan garam ke kulit kepala Anda secara merata. Jangan lupa untuk memberikan pijatan yang lembut juga. Lakukan pijatan selama 10 menit dan setelah itu Anda keramas seperti biasa.

3. Menggunakan lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tumbuhan yang satu ini memang sangat terkenal sebagai perawatan kecantikan mulai dari kulit hingga rambaut. Bahan lidah buaya juga selalu digunakan sebagai bahan sampo.

Memang lidah buaya dapat membantu Anda untuk menghilangkan ketombe yang membandel, Tumbuhan yang satu ini mempunyai sifat antijamur dan antifungi. Lidah buaya juga bisa berfungsi sebagai scrub alami untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga ketombe juga tidak muncul.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya? Gunakan lidah buaya sebagai masker rambut Anda. Ambil daging lidah buaya dan oleskan dagingnya pada kulit kepala Anda sampai rata.

Diamkan hingga 30 menit dan bersihkan dengan menggunakan sampo sampai bersih. Jika Anda melakukan cara ini setiap sebelum keramas, maka hasilnya akan maksmimal

4. Menggunakan Daun sirsak

Buah yang sangat enak ini memang bukan hanya bermanfaat sebagai bahan jus saja. Ternyata Anda bisa memanfaatkan daunnya untuk digunakan sebagai penghilang ketombe! Caranya adalah gunakan beberapa lembar daun sirsak lalu cukup gosokan daunnya pada kulit kepala Anda.

Daun sirsak dapat berfungsi sebagai scrub alami yang menghilangkan ketombe dan juga sel kulit mati. Anda bisa menggunakan daun sirsak setiap hari agar hasilnya maksimal. Pasti ketombe Anda juga perlahan-lahan akan hilang.

5. Menggunakan Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga bisa Anda manfaat sebagai cara menghilangkan ketombe. Namun agar hasilnya maksimal, maka Anda harus mencampurkan lemon dengan baking soda. Kedua bahan ini merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Lemon berfungsi untuk menyerap minyak pada kulit kepala Anda sehingga dapat mengurangi ketombe. Sedangkan baking soda dapat mengurangi jamur yang bisa menyebabkan munculkan ketombe. Menghilangkan ketombe dengan lemon dan baking soda caranya sangat mudah.

Siapkan 3 sdm air jeruk lemon dan 3 sdm baking soda. Campur semua bahan ke dalam wadah dan aduk hingga rata. Oleskan bahan tersebut pada kulit kepala Anda. Diamkan selama 15 menit atau hingga kulit kepala sudah terasa gatal. Lakukan perawatan ini sebelum Anda keramas.

6. Minyak kemiri

Minyak kemiri bukan hanya berfungsi untuk menebalkan dan menghitamkan rambut saja. Namun juga berfungsi untuk menghilangkan keotmbe. Anda bisa membeli minyak kemiri di toko kecantikan. Oleskan minyak kemiri sambal memijat kulit kepala Anda setelah keramas.

7. Minyak zaitun

Tidak mendapatkan minyak kemiri? Maka gunakan minyak zaitun saja sebagaicara menghilangkan keotmbe yang mudah. Harga minyak zaitun juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala Anda sebelum keramas. Diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan sampo.

8. Cuka

Cuka mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi sehingga bisa megurangi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala Anda. Cuka juga bisa menghilangkan jamur dan bakteri sehingga kulit kepala menjadi sehat.

Rebus cuka hingga mendidih dan bairkan sampai dingin. Campurkan 5 sdm cuka dengan sehelas air. Gunakan larutan ini pada seluruh kulit kepala Anda lalu bilas dengan sampo. Hati-hati jangan sampai mengenai mata Anda.

9. Cuka apel

Cuka apel yang sekarang sedang nge-trend sebagai produk kecantikan kulit juga berfungsi dengan baik untuk perawatan rambut Anda. Cuka apel dapat mengubah tingkat pH pada kulit kepala Anda sehingga bisa mengurangi ketombe.

Campurkan cuka apel dan air pada wadah dengan jumlah yang sama lalu aduk hingga rata. Kemudian tuangkan campuran ini ke kulit kepala Anda sambil memijatkan kepala Anda. Diamkan 15 menit dan bilas dengan sampo untuk menghilangkan baunya.

10. Minyak kelapa

Minyak kelapa juag bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Apalagi minyak kelapa bisa menembus ke kulit kepala sehingga kulit kepala Anda akan lebih bersih dan terhindari dari ketombe.

Anda cukup mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala Anda setelah keramas dan biarkan hingga kering secara alami. Anda bisa menggunakan minyak kelama sebagai hair tonic setelah keramas.

11. Jeruk Nipis dan Santan

Perpaduan jeruk nipis dan santan ternyata dapat menghasilkan ramuan yang efektif untuk menghilangkan ketombe. Anda hanya cukup mencampurkan satu gelas santan dan air perasan 1 jeruk nipis.Tuangkan campuran ini pada kulit kepala Anda sambil dipijat dan bilas dengan sampo.

12. Garam

Kembali lagi menggunakan garam sebagai cara menghilangkan ketombe yang efefktif. Kali ini campurkan garam dengan cuka apel. Siapkan satu gelas cuka apel dan 3 sdm garam. Aduk hingga rata lalu tuangkan campuran tersebut ke kulit kepala Anda. Diamkan sebentar dan bilas dengan sampo.

13. Minyak almond

Minyak almond juga bisa Anda gunakan jika minyak-minyak yang sudah disebutkan di atas tidak bekerja untuk Anda. Minyak almond memang cukup mahal namun hasilnya memuaskan. Gunakan minyak almond sebelum keramas pada kulit kepala. Diamkan sebentar lalu keramas seperti biasa.

14. Bawang merah

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan keotmbe yang tidak kunjung hilang. Bawang merah mempunyai sifat antijamur yang sangat ampuh untuk menghilangkan dan mencegah ketombe pada kulit kepala Anda.

Tumbuk beberapa bawang merah sampai halus lalu campurkan degan 1 sdm madu asli. Lalu oleskan ke kulit kepala Anda agar ketombe yang membandel hilang. Pijat juga kulit kepala Anda dengan lembut.

Diamkan hingga beberapa menit saja setelah itu bersihkan rambut dengan sampo hingga bau bawang hilang dari rambut Anda.

15. Baking soda

Kali ini Anda bisa menggunakan baking soda saja sebagai cara menghilangkan ketombe yang ampuh. Baking soda dapat emngurangi jamur dan minyak pada kulit kepala sehingga ketombe pun juga ikut hilang.

Gunakan 1 sdm baking soda saja lalu gosokan baking soda pada kulit kepala yang sudah dibasahi. Kemudian diamkan sebentar dan bilas dengn sampo hingga bersih. Gunakan baking soda seminggu 2 kali saja.

16. Kangkung

Sayuran yang nikamt ini juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe. Caanya adalah dengan menumbuk kangkung secukupnya saja. Gosokan pada kulit kepala sampai rata dan bilas dengan sampo. Lakukan cara ini tiap sebelum keramas.

17. Daun Pandan

Sama seperti menggunakan daun sirsak, gunakan daun pandan untuk digosokan pada kulit kepala sampai merata. Daun pandan dapat mengangkat ketombe dan juga sel kulit mati sehingga perlahan-lahan ketombe Anda akan hilang.

18. Bawang Merah

Jika menggunakan bawang merah saja masih belum cukup, Anda bisa menggunakan campuran bawan merah dan minyak zaitun, Campurkan bawang merah yang sudah ditumbuk dengan minyak zaitun, Oleskan campuran ini pada kulit kepala secara merata lalu bilas dengan sampo.

19. Daun Neem

Neem adalah pohon herbal yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe. Daun neem mempunyai sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan juga antijamur yang bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe.

Siapkan beberapa lembar daun neem kering lalu tumbuk daun tersebut. Campurkan dengan minyak zaitun lalu oleskan ke kulit kepala Anda. Diamkan hingga 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan sampo. Jika kulit kepala Anda terasa gatal maka itu hal yang normal.

20. Tomat

Tomat bukan hanya ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe namun juga bisa mengatasi rambur rontok pula. Saat seseorang mengalami ketombe, pasti rambutnya akan mudah rontok. Karena itulah Anda bisa menggunakan tomat untuk menutrisi kulit kepala Anda.

Tomat mengandung vitamin A dan C serya senyawa alami procyanidin B-2 yang bisa menghilangkan ketombe dan juga menyuburkan rambut. Karena itulah tomat wajib dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dan merawat rambut Anda.

Cararanya adalah dengan menyiapkan tomat yang sudah ditumbuk dengan air secukupnya. Oleskan jus tomat pada kulit kepala secara merata lalu pijat kepala dengan lembut. Diamkan selama 20 menit dan bilas rambut degan sampo.

21. Jahe

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Rempah yang satu ini mempunyai senyawa aktif yaitu minyak atsiri. Jahe juga mempunyai sifat anti-inflamasi sehingga dapat merangsang folikel rambut agar tumbuh dengan subur,

Gunakan jahe untuk menghilangkan dan mencegah ketombe di kulit kepala Anda. Caranya adalah dengan menggunakan jahe sedikit saja. Kupas jahe lalu parut kemudian gunakan kain katun yang tipis untuk membungkus pautan jahe agar bisa mendapatkan minyaknya.

Campurkan minyak jahe dan minyak wijen secukupnya. Oleskan minyak ini pada kulit kepala Anda hingga merata dan pijat pula kulit kepala Anda dengan lembut. Diamkan 10 menit saja lalu bersihkan dengan menggunakan sampo.

22. Rajin menyisir rambut dengan sisir yang baik

Tahukah Anda jika Anda sering menyisir rambut Anda dengan menggunakan sisir yang tepat maka Anda bisa mengurangi ketombe? Sisir yang baik adalah sisir yang mempunyai gigi yang kuat namun tidak menyakiti kulit kepala Anda.

Dengan menggunakan sisir yang baik maka ketombe dan sel kulit mati pun akan perlahan-lahan terkikis dari kulit kepala Anda.

Karena itulah sering-seringlah Anda menyisir rambut Anda dengan menggunakan sisir yang mempunyai kualitas yang bagus. Namun jangan menyisir rambut Anda terlalu keras karena dapat membuat kulit kepala iritasi

23. Rutin mencuci rambut

Rutin mencuci rambut juga merupakan cara menghilangkan ketombe yang terbukti ampuh. Namun pastikan sampo yang Anda kenakan adalah sampo yang tepat dan cocok dengan kulit kepala Anda. Mencuci rambut disarankan dua hari sekali agar kulit kepala Anda tidak kering.

Jika Anda malas mencuci rambut, maka rambut Anda bukan hanya penuh dengan ketombe namun juga minyak dan kotoran lain. Minyak yang berlebihan pada kulit kepala juga bisa menyebabkan ketombe menjadi lebih banyak. Tentu saja Anda tidak mau ini terjadi, bukan?

Rajin mencuci rambut jika ketombe ingin hilang. Selain menggunakan sampo yang cocok, jangan lupa untuk membilas rambut sampai benar-benar bersih agar sisa-sisa busa sampo tidak ada di kulit kepala Anda.

Karena terkadang sisa-sisa busa sampo yang mengering akan berubah menjadi ketombe membandel yang menempel di kulit kepala Anda.

24. Hindari menggunakan hairspray terlalu sering

Memang tidak disarankan untuk menggunakan hairspray terlalu sering karena kandungan pada hairspray jika tidak benar-benar dibersihkan dari kulit kepala Anda akan mengendap dan berubah menjadi ketombe.

Partikel-partikel pada hairspray juga turut berkontribusi membuat kulit kepala Anda mempunyai sel kulit mati yang menumpul Karena itulah jika tidak diperlukan maka tidak perlu menggunakan hairspray. Anda bisa menggunaan gaya rambut lain yang tidak butuh penggunaan hairspray.

25. Batasi penggunaan pengering rambut (hair dryer)

Hairdryer ternyata juga turut berkontibusi dalam munculnya ketombe. Karena itulah cara menghilangkan ketombe selanjutnya adlah dengan mengurangi pemakaian hairdryer atau pengering rambut.

Memang untuk urusan mengeringkan rambut, hairdryer menjadi salah satu solusi yang praktis. Namun ternyata suhu panas yang dikeluarkan oleh hairdryer dapat membuat kulit kepala Anda menjadi cepat kering dan mati sehingga menyebabkan munculnya ketombe.

Lebih baik keringkan rambut Anda secara alami saja jika memang tidak buru-buru untuk pergi ke suatu tempat.

26. Usahakan kepala terkena sinar matahari dan udara bebas

Cara menghilangkan ketombe yang terakhir adalah dengan memberikan sinar matahari dan udara yang cukup pada kepala Anda. Bagi Anda yang berhijab maka akan sering mengalami keotmbe karena suhu udara yang panas pada kulit kepala Anda terjebak sehingga membuat kulit kepala Anda lebih cepat berkeringat dan menyebabkan ketombe.

Karena itulah kami sarankan untuk meluangkan waktu Anda dengan berjemur di pagi hari agar kulit kepala Anda mendapatkan udara bebas yang masih segar dan sinar matahari yang lembut sehingga membuat kulit kepala Anda tidak lembab.

Demikain 26 cara menghilangkan ketombe yang alami, ampuh, dan cepat. Selamat mencoba!

Satu pemikiran pada “Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

  1. Artikelnya sangat bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.