Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Masa Subur Wanita – Memperkirakan serta menghitung masa kesuburan wanita pasca haid akan jadi salah satu cara utama dalam memiliki keturunan. Inilah mengapa perencanaan kehamilan seringkali harus menyertakan catatan dari periode haid.

Siklus haid sendiri ialah rentang hari yang dimulai dari hari pertama haid sampai dengan hari pertama haid di bulan selanjutnya. Masa subur wanita akan sangat berkaitan dengan siklus haid ini, sehingga wanita yang merencanakan kehamilan sebaiknya mencatatnya.

Siklus haid yang normal sendiri berkisar antara tiap 21 hingga 35 hari. Hari kesatu pada siklus haid akan menjadi hari pertama dari haid yang terjadi. Untuk lebih memahami persoalan ini, berikut adalah penjelasan lengkap seputar masa subur wanita.

Siklus Menstruasi Mempengaruhi Masa Subur Wanita

cara menghitung masa subur wanita
caramenghitungmasasubur.com

Agar kita dapat mengerti seputar masa subur wanita, maka siklus menstruasi juga harus dipahami. Wanita akan memiliki siklus hormonal yang turut menentukan kapan terjadi kehamilan. Siklus ini rata-ratanya akan terjadi tiap 28 hari.

Periode dari masa subur sendiri kira-kira akan terjadi selama enam hari tiap siklusnya, namun masih bisa menyimpang disebabkan aneka hal tertentu. Siklus menstruasi wanita akan dimulai pada saat darah haid sudah muncul.

Yang terjadi berikutnya ialah fase folikel di mana hormon estrogen mmebentuk sel telur dalam ovarium. Memuncaknya kadar estrogen akan turut memicu hormon pelutein guna mematangkan sel telur dan dapat menembus dinding ovarium sehingga terjadi ovulasi.

Fase berikutnya yang terjadi ialah luteal, yaitu di mana progesteron terbentuk serta menekan hormon yang dapat memicu ovulasi. Sel telur yang tidak dibuahi nantinya akan meluruhkan dinding rahim serta menyebabkan menstruasi dimulai.

Siklus menstruasi terbilang penting dalam penentuan masa subur seorang wanita. Ini terkait rumus penghitungan masa subur yang akan melibatkan siklus menstruasi terpanjang dan terpendek. Jika ingin tahu kapan masa subur, maka siklus menstruasi harus diketahui dulu.

Setidaknya catat siklus menstruasi selama 6 hingga 8 bulan terakhir agar dapat diketahui kapan siklus terpanjang dan terpendeknya. Dari sinilah masa subur dari seorang wanita dapat diketahui secara pasti.

Walau kini sudah banyak beredar alat pendeteksi kesuburan wanita, namun menghitung masa subur secara tradisional menggunakan rumus ini masih banyak digunakan. Apalagi rumusnya terbilang sederhana sehingga lebih mudah dilakukan.

Jika penghitungan siklus menstruasi tidak dilakukan atau tidak dicatat secara teratur, maka akan sulit menentukan masa subur. Hal ini akan dapat turut mempersulit terjadinya kehamilan, karena hubungan suami istri bisa saja tak dilakukan pada saat wanita dalam masa subur.

Peluang kehamilan akan semakin besar jika pasangan suami istri melakukan hubungan badan di kala memasuki masa subur. Pada masa ini, sel telur tengah dilepaskan dan siap dibuahi. Sebaliknya, hubungan di kala tidak dalam masa subur akan relatif sulit mencapai kehamilan.

Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

cara menghitung masa subur dengan akurat
indosurat.com

Pertanyaan seputar masa subur wanita lainnya yang seringkali didapat ialah kapan sebenarnya masa subur ini terjadi? Untuk menjawabnya, maka kita harus tahu dulu bagaimana cara perhitungan masa subur wanita.

Masa subur memang perlu perhitungan tepat supaya didapat kondisi yang tepat guna melakukan pembuahan. Siklus menstruasi termasuk sebagai petunjuk dalam menentukan kapan seorang wanita siap untuk dibuahi.

Menentukan masa subur harus diawali dari pengetahuan seputar siklus menstruasi yang dijalani. Kebanyakan siklus menstruasi seorang wanita ialah 28 hari. Ini artinya, akan ada enam hari untuk masa subur di tiap bulannya.

Catat tanggal dari siklus menstruasi di mana hari 1 sama dengan hari pertama dari dialaminya menstruasi. Perbedaan siklus menstruasi yang terjadi tiap bulan membuat kita harus mencatat selama beberapa bulan, bukan hanya 1 atau 2 bulan saja.

Setelah mendapatkan angka perhitungan rata-rata, hari-hari yang ada pada tengah siklus tersebut ialah masa subur seorang wanita. Selain itu, untuk melihat masa subur atau tidaknya wanita juga bisa dilihat dari serangkaian tanda-tanda fisiknya.

Saat memasuki masa subur, suhu tubuh akan meningkat terutama saat bangun tidur. Kenaikan suhu tubuh ini bahkan bisa mencapai 1 derajat. Untuk memastikannya, kita harus rajin mengecek suhu tubuh harian menggunakan termometer.

Ciri fisik lainnya yang bisa diperhatikan ialah lendir serviks. Begitu memasuki masa subur, maka jumlah, warna serta tekstur dari lendir serviks akan berubah guna mempermudah kehamilan nantinya. Tepat menjelang masa subur, lendir akan makin licin dan tampak seperti putih telur.

Cara termudah mengecek lendir serviks adalah dengan menggunakan tangan guna mengambil lendir di dalam vagina. Tes masa subur yang paling akurat ialah menggunakan alat tes masa subur. Ada dua jenis alat tes yang biasa digunakan, yaitu yang menggunakan urin dan air liur.

Alat tes masa subur yang menggunakan urin akan berbentuk strip. Kekurangan dari alat ini ialah hanya dapat digunakan sekali, padahal pengecekan masa subur harus dilakukan tiap hari selama masa subur berlangsung.

Pengecekan yang kedua ialah menggunakan air liur yang menjadi bahan penguji. Kelebihannya ialah alat ini akan dapat digunakan berkali-kali, bukan hanya sekali pakai. Kedua alat ini, baik yang menggunakan urin maupun air liur, bisa ditemukan dengan bebas di apotek.

Kapan Masa Tidak Subur Wanita?

Masa subur wanita setelah haid

Selain masa subur wanita, masa ketika wanita tidak subur juga harus diperhatikan. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, berhubungan badan pada masa subur akan meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Sebaliknya, melakukan hubungan suami istri pada saat masa tidak subur justru tidak akan berpengaruh apa-apa pada program kehamilan. Jadi, sebaiknya hubungan badan antara suami dan istri dilakukan saat istri tengah dalam masa subur.

Selain masa subur, masa tidak subur penting pula untuk dicari agar pasangan suami istri tak melakukan hubungan badan pada tanggal-tanggal tersebut. Jika masa subur telah diketahui berdasarkan perhitungan siklus menstruasi, maka masa tidak subur juga telah diketahui.

Masa tidak subur adalah masa di mana belum atau tidak terjadi proses ovulasi, yaitu pelepasan sel telur dalam rahim. Pada masa ini, tidak ada sel telur yang dilepaskan sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan akan lebih kecil.

Seperti yang sudah kita tahu, kehamilan sendiri harus didahului proses pembuahan atau pertemuan antara sel telur dan sel sperma. Proses ini akan sangat mungkin terjadi di masa suburnya seorang wanita, yaitu sekitar proses ovulasi.

Wanita yang siklus menstruasinya teratur selama 28 hari, maka akan memiliki masa subur antara 12 hingga 16 hari sebelum dimulainya haid pertama di siklus berikutnya. Namun, siklus ini sendiri akan dapat berubah tiap bulan sehingga penting untuk dicatat secara rutin.

Wanita dengan siklus menstruasi yang tak teratur akan sulit ditentukan kapan masa subur dan masa tidak suburnya. Hal ini terutama karena akan sulit dalam memperkirakan kapan terjadi menstruasi yang berikutnya.

Akan tetapi, hal ini bukan tidak mungkin untuk wanita dengan siklus menstruasi tak teratur dalam mendapat hitungan resmi mengenai masa suburnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat tes kesuburan yang dijual bebas di apotek.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Siklus Haid Teratur

menghitung masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur
rsia.kendangsari.com

Menghitung masa subur wanita yang siklus haidnya teratur akan cukup mudah untuk dilakukan. Catat terlebih dahulu siklus menstruasi selama sekurang-kurangnya delapan bulan terakhir. Dari catatan tersebut akan terlihat siklus menstruasi terpanjang serta terpendek.

Hari pertama dari masa subur ialah siklus terpendek dikurangi 18. Sementara hari terakhir dari masa subur ialah siklus terpanjang dikurangi 11. Hari-hari yang terdapat di antara kedua tanggal tersebut ialah masa subur dari seorang wanita.

Selain menggunakan rumus perhitungan sederhana di atas, kita juga bisa mengetahui masa subur lewat tips-tips sederhana berikut. Terutama di antaranya adalah ciri fisik yang dapat dikenali dengan mudah.

Tubuh seorang wanita akan menunjukkan tanda-tanda khusus saat menjelang masa subur. Tanda-tanda fisik inilah yang bisa jadi pertanda bahwa seseorang tengah dalam masa subur dan hubungan badan yang dilakukan akan meningkatkan peluang kehamilan.

Kenali lendir serviks yang muncul karena pada masa subur, lendir ini akan makin banyak jumlahnya dan teksturnya licin. Ini berbeda dari hari-hari biasa di mana lendir serviks akan hanya sedikit jumlahnya dan tak terlalu licin teksturnya.

Selain itu, pasangan yang mendambakan keturunan sebaiknya melakukan hubungan suami istri teratur kira-kira 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Hubungan badan ini juga sebaiknya dilakukan saat menjelang serta saat masa subur.

Tips lain yang dapat dilakukan guna memperbesar peluang kehamilan ialah olahraga teratur, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari rokok dan alkohol serta menghindari penggunaan pelumas vagina.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Siklus Haid Tidak Teratur

masa subur dengan haid tidak teratur
style.tribunnews.com

Agak sulit menentukan masa subur wanita yang siklus menstruasinya tak teratur. Walau demikian, kita tetap bisa menerapkan cara di atas. Rutin catat siklus menstruasi selama 8 bulan terakhir dan tetapkan siklus terpanjang serta terpendeknya.

Siklus menstruasi wanita memang bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Umumnya, waktu menstruasi ini berlangsung antara dua hingga tujuh hari. Kondisi ini akan turut membuat proses ovulasi berbeda hingga sepekan lebih cepat atau lambat dibanding periode lalu.

Namun, perlu dipahami pula bahwa kehamilan tak hanya ditentukan oleh proses ovulasi. Faktor lain yang mempengaruhinya ialah proses di mana sperma menjangkau sel telur. Supaya bisa hamil, sel telur yang sudah dalam keadaan matang harus dibuahi antara 12 sampai 24 jam.

Menghitung sendiri masa subur dapat dilakukan agar sel telur dapat segera dibuahi pasca terjadinya ovulasi. Umumnya, masa subur ini akan didapat berdasarkan penghitungan catatan serta analisis siklus menstruasi selama delapan bulan terakhir.

Rumus penghitungan masa subur ini sendiri sebenarnya tak sulit. Setelah menentukan siklus terpanjang dan siklus terpendek, maka kurangi siklus terpendek dengan angka 18 dan kurangi siklus terpanjang dengan angka 11.

Hari-hari yang berada di antara siklus terpanjang serta siklus terpendek itu adalah masa subur seorang wanita. Hubungan badan yang dilakukan pada masa subur akan memperbesar peluang kehamilan terjadi.

Jika siklus terpendek adalah 27 dan siklus terpanjang adalah 30, maka hari pertama masa subur akan terjadi di hari ke-9 dan hari terakhir masa subur ada di hari ke-19. Hari-hari di antara tanggal 9 dan 19 adalah masa subur.

Perhitungan masa subur dari seorang wanita dengan siklus menstruasi yang kurang teratur bisa menggunakan alat tes kesuburan saja. Ini terutama karena penggunaan rumus di atas bisa jadi agak sulit mengingat siklus menstruasi yang dialami itu sendiri terbilang kurang teratur.

Alat tes masa subur ini bisa didapat secara bebas di apotek. Terdapat dua jenis alat yang umum beredar, yaitu yang menggunakan urin serta air liur. Keduanya memiliki tingkat keakuratan yang tinggi sehingga patut dicoba guna mengetes masa subur seseorang.

Tanda Tanda Masa Subur Wanita Setelah Haid

menghitung masa subur wanita setelah haid
gulalives.co

Guna memperkuat prediksi masa subur wanita, kita bisa menggunakan beragam indikator lain. Terdapat beberapa tanda wanita yang tengah dalam masa subur. Tanda-tanda ini biasanya terlihat setelah masa haid berlalu.

Pertama adalah suhu basal tubuh yang meningkat. Suhu tubuh yang normal akan berkisar antara 35.5 hingga 36.6 derajat Celcius. Namun jika suhu menjadi lebih tinggi dibanding angka ini terutama pada pagi hari, maka bisa saja kita tengah dalam proses ovulasi.

Untuk bisa memastikannya, cek secara berkala suhu tubuh tiap kali bangun pagi. Gunakan termometer agar pengukuran suhu tubuh bisa dilakukan secara akurat. Lakukan rutin tiap hari setelah masa menstruasi agar dapat benar-benar dipastikan apakah ada peningkatan suhu.

Tanda kedua ialah munculnya lendir yang berasal dari mulut rahim. Lendir ini umumnya akan memiliki konsistensi encer. Perubahannya akan menunjukkan adanya perubahan pula pada hormon estrogen yang dimiliki tubuh.

Ini artinya, perubahan pada lendir akan turut menandakan ovulasi yang akan segera terjadi. Di masa subur, lendir akan memiliki warna bening seperti putih telur dan teksturnya licin serta elastis. Cairan ini yang nantinya akan memperlancar serta melindungi jalannya sperma.

Ciri fisik lain yang turut muncul ialah rasa nyeri ringan terutama pada perut hingga salah satu bagian dari pinggang. Beberapa wanita terkadang akan merasakan ini pada sekitar masa pelepasan sel telur atau ovulasi.

Rasa sakit ini dapat dijadikan salah satu tanda guna mendeteksi masa subur seseorang. Namun, tak semua wanita merasakan nyeri ini sehingga tanda satu ini bisa jadi tak terlalu terlihat pada beberapa wanita.

Terakhir, sebagian wanita juga akan merasa sedikit lebih bergairah serta bersemangat di masa suburnya. Mereka akan lebih mudah dalam melakukan sosialisasi dengan orang-orang terdekat terutama dengan pasangan.

Memperkirakan serta menghitung masa subur pasca menstruasi serta memahami perubahan fisik apa saja yang terjadi akan membuat kita lebih terbantu dalam hal perencanaan kehamilan. Selain itu, hal-hal di atas juga dapat dijadikan alat evaluasi kesehatan reproduksi.

Jika masih menemukan kesulitan, maka kita bisa mengonsultasikannya bersama para ahli. Terutama bagi wanita dengan siklus menstruasi kurang teratur yang tentunya akan mempersulit perhitungan masa subur. Bantuan dari ahlinya mungkin akan sangat diperlukan.

Demikian adalah uraian seputar masa subur, perhitungannya, hingga tanda-tanda fisik yang ditunjukkan wanita saat tengah dalam masa subur. Semua hal di atas akan bisa membantu memperbesar peluang wanita untuk segera hamil.

Mencatat siklus menstruasi, menghitung masa subur hingga memperhatikan tanda-tanda fisik saat tengah dalam masa subur terbilang penting dilakukan saat pasangan suami istri tengah dalam program hamil.

Kehamilan akan dapat semakin cepat dicapai tanpa perlu melakukan aneka terapi atau hal-hal lainnya yang sebenarnya kurang perlu. Cukup dengan perhatikan hal-hal yang tertera di atas saja.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.