Perkembangan Janin Dari Bulan Pertama Hingga Bulan ke-9

Perkembangan Janin – Saat-saat mengandung si buah hati merupakan saat-saat yang paling berharga. Hal ini karena tiap perkembangan si buah hati sangat penting dan harus dijaga dengan baik. Ibu akan merasakan perasaan luar biasa saat mengandung si buah hati.

Janin dalam kandungan tubuh dengan pesat setiap harinya. untuk mengikuti perkembangannya seperti halnya menjadi saksi anugerah tuhan yang tidak tergantikan. perkembangan janin harus dipantau dengan baik untuk mengetahui tumbuh kembangnya.

Perkembangan bayi dalam kandungan yang tidak normal dan dapat diketahui dengan cepat kemungkinan dapat ditangani dengan baik dan pendapat perawatan yang tepat. Hal ini lah yang membuat perkembangan janin menjadi hal yang sangat penting untuk diamati secara rutin.

Perkembangan Janin Dalam Kandungan

perkembangan janin dalam kandungan dapat diamati setiap minggu. Hal ini karena perkembangannya yang sangat pesat dari hari ke hari. Adapun perkembangan yang terlihat nyata dan dapat dibedakan dapat dilakukan dalam hitungan bulan.

Bagi anda yang penasaran dengan bagaimana perkembangan bayi setiap bulannya, berikut ulasan mengenai perkembangan janin tiap bulannya.

1. Perkembangan Janin 1 Bulan

perkembangan janin pada bulan pertama memiliki ukuran sebesar 2mm. Bayi dalam ukuran ini masih masuk dalam bentuk embrio yang terdiri dari 2 lapis sel yang nantinya akan berkembang menjadi bagian tubuh dan organ bayi lainnya.

Pada bulan pertama ini juga berkembang struktur yolk sac dan amnion. Amnion sendiri terisi cairan ketuban yang melindung embrio yang terus berkembang dengan cara mengelilinginya.

Sedangkan yolk sac adalah struktur yang memproduksi darah serta membantu dalam merawat embrio sebelum airi-ari nantinya mengambil alih.

2. Perkembangan Janin 2 Bulan

Ukuran janin pada usia kehamilan 2 bulan adalah 2,7 cm. perkembangan janin pada usia ini sudah mulai melakukan pergerakan serta melakukan perubahan di dalam tubuh.

Pada usia janin 2 bulan, kita sudah bisa melihat pembentukan jari kaki serta jari tangan. Janin dalam kandungan sudah bisa mengerutkan siku dan serta pergelangan tangan. pada usia ini, mata janin juga sudah mulai dapat terlihat dengan jelas.

Pada retina sudah mulai berkembang lapisan pigmen. Bagian usus juga sudah mulai tumbuh karena ruang penyimpanan belum mencukupi, usus akan terlihat menonjol dan berada di bagian luar tali pusat hingga bulan ke 3.

3. Perkembangan Janin 3 Bulan

Perkembangan janin pada bulan ke 3 dimulai dari ukurannya yang sudah mencapai ukuran 5 cm dan sudah terbentuk bagian yang jelas dari kepala sampai kaki. Pada usaia ini, otak bayi juga sudah berkembang.

Bagian pita suara, kuku pada jari kaki dan tangan serta bagian usus sudah mulai terbentuk. Organ ginjal sudah terbentuk dan sudah beroperasi.

Tubuh bayi yang sudah menyerap gizi dari ketuban kemudian disaring. Kotoran kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin.

4. Perkembangan Janin 4 Bulan

Perkembangan janin usia 4 bulan diantaranya janin sudah berukuran 12 cm dan dapat menahan kepalanya lurus. Pada usia janin ini, bayi dapat melakukan ekspresi seperti cemberut dan menyipit.

5. Perkembangan Janin 5 Bulan

Perkembangan janin pada usia kehamilan 5 bulan sudah memiliki ukuran 21 cm dengan berat yang sudah mencapai 315 g. Bagian kulit pada bayi akan terus melakukan perkembangan dan menebal, begitu pula pada bagian kuku bayi.

Ukuran bayi yang sudah cukup besar akan membuat beberapa organ Anda tertekan seperti bagian kandung kemih, paru-paru, ginjal, dan perut.

6. Perkembangan Janin 6 Bulan

Perkembangan janin pada usia 6 bulan memiliki ukuran 30 cm dan memiliki berat yang naik secara drastis yaitu 113 gram.

Pada usia kehamilan ini, bayi masih mendapatkan asupan oksigen dari plasenta. Walaupun demikian, paru-paru pada bayi sudah mulai berkembang. Paru-paru sudah memiliki kemampuan menghasilkan surfaktan.

Surfaktan sendiri memiliki fungsi mencegah kebocoran kantung udara. selain itu, surfaktan juga melindungi kantung udara saat melakukan penghembusan nafas sehingga dapat melakukan pernafasan dengan benar.

Pada usia kehamilan ini, sistem keseimbangan yang berada pada bagian dalam telinga juga sudah berkembang dengan baik. Buah hati mungkin sudah dapat merasakan apakah dia sedang terbalik atau sedang tegak di dalam kandungan.

7. Perkembangan Janin 7 Bulan

Perkembangan janin pada usia kehamilan 7 bulan sudah memasuki masa sempurna. Seluruh anggota badan dan organ sudah berkembang menyerupai manusia seutuhnya dan tinggal berkembang sampai matang.

Pada masa ini, janin akan bergerak dengan lebih aktif. Kita bahkan bisa dengan mudah merasakan tendangan si kecil dalam kandungan kala dia bergerak. Kadang, tangan atau kaki janin bahkan bisa membuat perut bergelombang sesaat.

Otak janin sudah berkembang dengan pesat. Pada masa ini, alat kelamin juga mulai terlihat sehingga kita dapat mengintip apa jenis kelamin si kecil kelak. Selain jenis kelamin, detak jantung si kecil juga dapat anda rasakan dengan lebih jelas.

Bayi sudah tumbuh sempurna. selaput yang ada pada mata sudah hilang dan kemampuan penglihatannya sudah mulai berkembang.

Bayi sudah mulai dapat membedakan gelap terang di dalam kandungan sehingga dapat membedakan antara siang dengan malam.

Sistem pendengaran juga sudah berkembang nyaris sempurna sehingga bayi sudah dapat mendengar suara termasuk suara musik dan suara panggilan ayah dan ibunya.

8. Perkembangan Janin 8 Bulan

Perkembangan janin pada usai kehamilan 8 bulan lebih mengejutkan lagi. Janin akan terasa sangat aktif di dalam kandungan sang ibu. Baik siang maupun malam, janin akan terasa sangat aktif.

Indera pada janin sudah berfungsi dan memiliki bentuk yang sempurna. Adapun posisi janin akan berada pada panggul. plasenta juga akan mengalami kematangan. Mata si buah hati sudah dapat fokus dan bisa berkedip.

Berat janin di dalam kandungan sudah mencapai kisaran 1,8 kg dengan kisaran panjang 45 cm. Cairan ketuban pun akan mengalami fase maksimal dan akan berkurang nantinya.

9. Perkembangan Janin 9 Bulan

Perkembangan janin pada usia kehamilan 9 bulan janin sudah siap dilahirkan. Otak janin sudah dalam tahap perkembangan maksimal di dalam kandungan. Tubuhnya juga sudah dilengkapi dengan antibodi dalam keadaan sempurna.

Kepala bayi sudah memasuki tahap masuk ke dalam panggul. Berat yang akan dicapai pada saat janin siap dilahirkan memiliki kisaran 2,9 kg degan kisaran panjang 48 cm. Rambut pada janin sudah tumbuh termasuk bulu mata serta alisnya.

Itu tadi perkembangan janin dari awal kehamilan bulan pertama, sampai dengan bulan ke sembilan. Ada banyak perubahan dan perkembangan yang sangat pesat sampai bayi siap dilahirkan.

Hal tersebut merupakan salah satu hal yang paling menakjubkan bagi sepasang suami istri. Memiliki buah dari cinta pasangan tentunya menjadi saat yang sangat menggembirakan dan tidak tergantikan.

Baca Juga: Tanda tanda hamil

Beberapa Hal Terkait Perkembangan Janin Dalam Kandungan

perkembangan janin dalam kandungan tidak lepas dari perawatan yang dilakukan ibu selama masa kehamilan. Itu sebabnya sebagai ibu hamil, banyak hal yang harus dihindari. Kehati-hatian perlu dilakukan walaupun tidak perlu berlebihan.

Nah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait dengan perkembangan janin dalam kandungan. Adapun hal yang peru anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

Gizi

Gizi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan selama kehamilan. Hal ini karena perkembangan si buah hati dalam kandungan akan sangat bergandung dari asupan gizi ibu yang mengandungnya.

Memperhatikan apa yang ibu hamil makan menjadi hal yang sangat penting. Kecukupan buah dan sayur harus dipenuhi. Selain itu, kebutuhan berbagai zat gizi dan mineral yang dibutuhkan si buah hati juga penting untuk dipenuhi.

Jika perlu, ibu hamil juga mengkonsumsi suplemen tambahan seperti penambah darah dan suplemen asam folat untuk perkembangan otak si kecil.

Namun, dalam mengkonsumsi suplemen ini, petunjuk dokter dibutuhkan. Pasalnya, kondisi tiap ibu hamil berbeda-beda, jadi konsumsi suplemen yang dibutuhkan pun berbeda pula.

Aktivitas

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, hal kedua yang juga harus diperhatikan adalah aktivitas.

Seorang ibu hamil harus menjaga tubuhnya agar tidak kelelahan atau terlalu stress dan tertekan. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

Aktivitas yang terlalu berat seperti mengangkat beban yang terlalu berat, naik turun tangga terlalu sering, dan memakai sepatu hak tinggi sebaiknya dihindari dulu.

Memperbanyak waktu istirahat dan menjaga atau mengontrol emosi agar tidak mengalami stress juga diperlukan. Hal ini terutama bagi wanita karier yang kerap bekerja di bawah tekanan.

Penyakit Orang Tua

Sebagai orang tua, kita perlu waspada terhadap penyakit yang pada sang ibu. Hal ini karena penyakit bisa jadi diturunkan. Lakukan konsultasi dengan dokter bila perlu untuk mengetahui apakah penyakit yang diderita orang tua dapat menurun ke buah hati.

Jika berisiko menurun, maka, pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin untuk mencegah timbulnya penyakit atau untuk meringankan gejalanya kelak.

Obat-Obatan

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah masalah konsumsi obat-obatan. Ada banyak obat yang sebaiknya tidak diminum saat sedang hamil karena dapat mempengaruhi janin dalam kandungan.

Jadi, jangan lupa melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan. Sebaiknya, hindari konsumsi obat ‘warung’ yang beredar bebas dan memilih memeriksakan diri ke dokter.

Selain obat, hal yang perlu dihindari adalah minuman keras dan merokok. Hal tersebut sangat berbahaya bagi si buah hati.

Pemeriksaan Teratur

Hal yang terakhir adalah melakukan pengecekan dan pemeriksaan secara teratur. Hal ini sangat penting untuk memeriksa apakah bayi dalam kandungan tumbuh dengan normal.

Hal ini juga dapat dijadikan sebagai deteksi dini apakah buah hati mengalami kecacatan atau tidak serta perlakukan penanganan yang tepat.

Bagi Anda yang sedang dalam masa awal kehamilan atau baru pertama kali hamil, mengikuti perkembangan janin dalam kandungan tiap bulan bahkan tiap minggunya tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Menjaga dengan baik janin yang ada di dalam kandungan tentunya menjadi hal yang sangat perlu dilakukan agar janin dapat tumbuh dengan baik dan lahir dengan sempurna serta sehat.

Ulasan kali ini berisi informasi mengenai perkembangan janin tiap bulannya dan apa saja yang perlu diperhatikan selama seorang ibu dalam masa kehamilan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.