Tanda Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Tanda tanda mau melahirkan – Kehamilan merupakan peristiwa alamiah yang dialami wanita normal setelah menikah. Proses kehamilan ini terjadi berkat adanya peleburan sel telur dari wanita dan sel sperma dari pria. Hasil fertilisasi ini nantinya berkembang menjadi janin yang tumbuh di dalam rahim wanita.

Umumnya kehamilan terjadi kurang lebih 40 minggu dimulai dari pembuahan sampai dengan bayi siap untuk lahir. Masa kehamilan ini dibagi menjadi 3 periode waktu yaitu trimester 1, 2 dan 3. Waktu melahirkan normal umumnya berada di trimester 3 dan dapat diprediksi dari munculnya tanda-tanda mau melahirkan pada calon ibu.

Menuju trimester 3 atau 3 bulan terakhir kehamilan, para calon ibu dan ayah sebaiknya sudah siap siaga mengenali tanda-tanda mau melahirkan agar dapat bertindak sigap dan tepat ketika waktunya tiba. Tanda-tanda akan melahirkan ini biasanya dapat dikenali dan umumnya dirasakan oleh banyak wanita menjelang persalinan.

Tanda Tanda Mau Melahirkan Sudah Dekat

tanda tanda akan melahirkan dalam waktu dekat
parentingclub.co.id

Calon ibu dan ayah sebaiknya memahami dengan betul tanda tanda akan melahirkan dalam waktu dekat yang sekiranya dialami pada ibu hamil.

Persalinan memang sebaiknya dipersiapkan dengan baik sebelumnya dari berbagai aspek, berikut ini beberapa tanda tanda mau melahirkan yang perlu Anda perhatikan :

1. Kontraksi

tanda tanda mau melahirkan kurang dari seminggu
ruangmuslimah.com

Tanda-tanda mau melahirkan berupa kontraksi memang merupakan yang paling umum dirasakan ibu hamil meski ada pula wanita yang tidak mengalaminya.

Kontraksi ini menjadi faktor penting karena jika kontraksi tidak terjadi maka perlu ada tindakan seperti induksi.

Kontraksi menjelang persalinan biasanya terjadi bertahap, dimulai dari intensitas ringan hingga intensitas yang sering dengan kontraksi yang kuat.

Sebagian wanita mendeskripsikan kontraksi ini seperti rasa mulas dan nyeri yang dialami saat haid yang makin lama makin kuat.

Kontraksi yang dialami menjelang melahirkan menjadi tahapan paling berat yang dirasakan wanita. Kontraksi selanjutnya akan diikuti oleh terjadinya pembukaan hingga siap untuk terjadinya persalinan.

2. Usus besar ikut kontraksi

tanda mau melahirkan dalam waktu singkat
satujam.com

Selain rahim, ternyata organ lain pada tubuh wanita juga akan mengalami kontraksi menjelang persalinan. Usus besar yang ikut berkontraksi menjadi salah satu tanda-tanda mau melahirkan yang perlu Anda perhatikan.

Kontraksi pada usus besar ini bisa terjadi karena menjelang kelahiran akan ada hormon tertentu yang dihasilkan seperti prostaglandin .

Hormon prostaglandin ini berfungsi untuk mengatur kontraksi serta relaksasi berbagai otot di dalam tubuh termasuk otot usus besar.

3. Air ketuban pecah

tanda mau melahirkan normal
cakapsehat.com

Air ketuban merupakan cairan yang memenuhi kantong janin tempat janin berkembang. Terjadi pecah ketuban sebagai tanda-tanda mau melahirkan disebabkan karena adanya kontraksi dari otot-otot rahim ataupun dari pergerakan janin sendiri.

Apabila air ketuban telah pecah maka ibu hamil akan merasakan adanya rembesan air yang keluar seperti air seni. Pecahnya air ketuban ini terjadi tanpa disertai rasa sakit.

Fungsi ketuban sendiri selain melindungi janin dalam rahim juga untuk membersihkan jalur lahir.

Setelah air ketuban pecah biasanya persalinan akan segera terjadi, pada beberapa kasus air ketuban juga bisa pecah lebih dulu sehingga perlu dilakukan tindakan segera untuk memicu persalinan.

4. Sakit pada punggung

tanda akan melahirkan dalam waktu dekat
abiumi.com

Ibu yang akan melahirkan juga mengalami tanda-tanda mau melahirkan berupa rasa sakit di punggung.

Umumnya wanita yang hamil tua memang kerap merasakan nyeri di punggung karena membawa beban yang berat di bagian perut bawah.

Menjelang kelahiran rasa sakit di punggung ini bisa semakin tinggi intensitasnya

5. Keluarnya lendir kental bercampur darah

tanda akan melahirkan dalam waktu dekat
homefamilysite.com

Di dalam rahim terdapat cairan lendir yang menyelimutinya. Cairan ini berbentuk serupa gumpalan lendir lengket yang letaknya ada di dinding rahim.

Lendir becampur darah ini bisa keluar sebagai tanda-tanda mau melahirkan karena keluarnya lendir ini terjadi karena kondisi cervix sudah mulai membuka dan merupakan pertanda siapnya proses persalinan berlangsung.

6. Frekuensi buang air kecil meningkat

Tanda-tanda mau melahirkan ini selain dialami wanita yang siap untuk persalinan juga seringkali dialami ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga.

Biasanya ibu hamil menjadi lebih sulit menahan kencing sehingga frekuensi buang air meningkat.

Hal ini terjadi karena ukuran janin yang semakin besar akan semakin menekan organ-organ tubuh seperti ginjal.

Ginjal yang tertekan oleh janin membuatnya tidak mampu menampung air seni dalam jumlah banyak sehingga perlu sering dikeluarkan.

Pada masa-masa menjelang kelahiran, posisi janin sudah semakin berada di bagian bawah panggul dekat dengan ginjal.

Ibu yang akan mengalami persalinan menjadi semakin sulit untuk menahan kencing akibat organ yang semakin terdesak.

7. Sulit atau tidur tidak nyaman

Memang, kondisi sulit tidur ataupun tidur tidak nyaman hampir selalu dialami oleh semua ibu hamil yang sudah memasuki masa-masa menjelang kelahiran. Rasa tidak nyaman ini disebabkan kondisi perut yang sudah semakin besar.

Pada masa-masa menjelang kelahiran,tanda-tanda mau melahirkan berupa sulit tidur akan semakin terasa dan membuat tidak nyaman dikarenakan mulai terjadinya kontraksi pada rahim. Kontraksi ini merupakan awal mula pertanda persalinan akan siap dilakukan.

8. Terasa nyeri di selangkangan

Tanda-tanda mau melahirkan berikutnya adalah munculnya rasa sakit atau nyeri di sekitar daerah selangkangan.

Rasa nyeri ini dapat terjadi karena bagian selangkangan tubuh menerima tekanan dari janin yang posisinya sudah semakin turun ke bawah.

Menjelang kelahiran, posisi janin akan berubah untuk mencari jalan keluar. Bagian kepala janin normalnya berada di bagian bawah, hal inilah yang kemudian menekan tulang di bagian selangkangan dan menimbulkan rasa sakit.
Perubahan pada vagina

Para wanita akan mengalami perubahan pada vagina sebagai tanda-tanda mau melahirkan. Kontraksi yang dialami pada rahim akan membuat mulut rahim terbuka serta vagina juga mengalami pelebaran dari kondisi normalnya.

Pembukaan serviks atau mulut rahim terjadi untuk mempersiapkan jalur lahir bayi. Ukuran serviks yang normalnya sempit akan melebar untuk menerima bayi yang berukuran beberapa kali lipat.

9. Mengalami sakit pada vagina

Wanita yang telah berada pada usia kehamilan menjelang kelahiran bisa mengalami sakit pada vagina sebagai salah satu tanda-tanda mau melahirkan.

Rasa sakit ini muncul karena otot-otot rahim berkontraksi dan mulut rahim juga sudah mulai terbuka.

Terbukanya mulut rahim terjadi sebagai persiapan tubuh untuk membuka jalan lahir bagi bayi. Mulut rahim yang terbuka dapat menyebabkan vagina juga terasa nyeri.

Nyeri ini menjadi pertanda bahwa kepala bayi sudah mulai turun dan menekan mulut rahim.

10. Muntah dan mual

Mual muntah kerap kali dialami wanita yang hamil muda. Akan tetapi, mual dan muntah ini juga ternyata bisa menjadi tanda-tanda mau melahirkan yang dialami wanita.

Terjadinya mual muntah ini wajar dan memang sebuah mekanisme alami pada tubuh.

Rasa mual dan ingin muntah disebabkan adanya perubahan hormon di dalam tubuh wanita hamil. Menjelang melahirkan, tubuh ibu akan memproduksi hormon-hormon tertentu yang nantinya mempermudah proses kelahiran.

Pertanda berupa rasa mual dan muntah tentu membuat rasa tidak nyaman. Ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi serta cukup minum supaya tubuh tetap fit hingga proses persalinan tiba.

11. Perut terasa keras dan kaku

Pada masa akhir kehamilan ibu bisa merasakan perut yang keras dan kaku sebagai satu tanda-tanda mau melahirkan.

Perut yang keras ini terjadi akibat rahim yang sudah mempersiapkan diri untuk kontraksi. Perut yang teras akan diikuti dengan mulas dan kontraksi yang menandakan bayi sudah siap untuk dikeluarkan.

12. Pergerakan janin mulai jarang dan melambat

Ketika masa persalinan sudah semakin dekat janin di dalam kandungan akan bergerak dan mencari posisi yang tepat untuk dikeluarkan.

Semakin janin siap maka posisinya akan semakin mantap sehingga janin terasa jarang bergerak.
Tanda-tanda mau melahirkan ini dapat dirasakan oleh ibu.

Janin yang sudah jarang bergerak ini sebenarnya sedang banyak melatih pernapasan supaya organ pernapasan janin semakin sempurna dan siap untuk langsung befungsi normal setelah keluar dari rahim.

13. Bagian atas perut ibu terasa kosong

Janin di dalam kandungan akan bergerak dan mengubah posisinya menjelang kelahiran. Pada kondisi normal janin akan berada dengan posisi kepala di bawah untuk mempermudah proses kelahiran. Perubahan posisi janin ini lah yang membuat bagian perut atas ibu terasa beda.

Pada saat menjelang persalinan terasa tanda-tanda mau melahirkan berupa perut bagian atas yang terasa kosong karena bayi sudah bergerak turun ke bawah panggul.

Turunnya janin ke bagian bawah membuat organ-organ di bagian atas terasa lebih leluasa karena tekanannya berkurang.

14. Turun berat badan

Pada beberapa wanita tanda-tanda mau melahirkan yang dialami bisa berupa penurunan berat badan. Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh banyak faktor, baik dari asupan makanan, aktivitas maupun adanya cairan tubuh yang berkurang.

Sebagian ibu hamil mengalami diare di masa-masa akhir kehamilan, diare ini dapat menyebabkan berat badan turun. Selain itu, pecahnya ketuban menjelang persalinan juga bisa menurunkan berat badan ibu.

Selain faktor tadi, aktivitas yang semakin meningkat jelang persalinan juga menjadi penyebab berkurangnya bobot tubuh.

Biasanya menjelang hari perkiraan lahir calon ibu akan memperbanyak aktivitas agar bayi dapat bergerak ke posisi yang benar.

15. Tubuh ibu menggigil melainkan bukan sebab demam

Menjelang persalinan wanita bisa mendadak menggigil meskipun tidak mengalami demam. Tanda-tanda mau melahirkan ini juga dapat berlangsung selama persalinan maupun setelahnya.

Menggigil ini merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatasi ketegangan.

Ibu yang akan melahirkan pasti mengalami ketegangan, apalagi bagi yang baru akan melahirkan untuk pertama kali. Adalah hal yang normal apabila tubuh merasa menggigil selama beberapa menit.

Kondisi menggigil ini dapat diredakan dengan mencoba menenangkan diri dengan mandi air hangat, mengatur nafas ataupun dengan cara dipijat.

16. Besarnya nafsu makan secara mendadak

Umumnya ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan dibandingkan biasanya, khususnya setelah memasuki trimester ketiga. Ukuran rahim yang semakin besar membuat ibu semakin merasa tidak nyaman karena lambung tertekan oleh rahim.

Menjelang kehamilan ibu akan merasakan tanda-tanda mau melahirkan berupa nafsu makan yang mendadak meningkat dibanding sebelumnya.

Peningkatan nafsu makan ini disebabkan karena posisi janin yang sudah turun sehingga tekanan di organ tubuh bagian atas berkurang.

Tekanan yang berkurang menyebabkan organ-organ seperti lambung dan paru-paru membuat ibu merasa lebih nyaman sehingga nafsu makan pun meningkat.

Tips Mendekati Masa Persalinan

Ketika Anda berkonsultasi ke dokter kandungan biasanya Anda akan diberi informasi mengenai hari perkiraan lahir.

Adanya tanggal perkiraan ini bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan segala keperluan terkait persalinan dengan sebaik-baiknya.

Persiapan menjelang persalinan harus dilakukan baik oleh calon ibu, calon ayah maupun kerabat lain di lingkungan sekitar.

Persiapan yang dilakukan pun meliputi banyak faktor mulai dari faktor fisik ibu, lingkungan tinggal hingga persiapan dari segi finansial.

Anda dan pasangan harus mempersiapkan semua keperluan dari jauh hari bila telah nampak tanda tanda mau melahirkan pada ibu hamil.

Hal ini dilakukan karena terjadinya proses persalinan sebenarnya tidak dapat dipastikan, khususnya persalinan yang terjadi secara normal.

Apabila semua perlengkapan sudah dipersiapkan sebelumnya maka Anda dan pasangan tidak perlu khawatir bingung ketika waktunya tiba.

Bagi pasangan baru khususnya, datangnya waktu melahirkan bisa menjadi momen yang menegangkan dan membingungkan, maka dari itu persiapkan hal-hal berikut ini :

Persiapkan dana cadangan untuk rangkaian proses persalinan

Masalah finansial memang sangat perlu untuk dipersiapkan karena proses persalinan sendiri bisa menghabiskan cukup banyak dana mulai dari biaya menginap di rumah sakit, obat-obatan hingga tindakan medis lainnya yang mungkin harus untuk dilakukan.

Anda dan pasangan sebaiknya telah mempersiapkan cadangan dana untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi. Mempersiapkan sisi finansial ini dapat membantu mengurangi kecemasan Anda dan pasangan menjelang kelahiran.

 Persiapkan semua keperluan ibu dan bayi di dalam satu tas

Ada banyak sekali barang yang perlu dipersiapkan untuk sebelum, selama dan setelah proses persalinan.Segala perlengkapan untuk ibu dan bayi sebaiknya dipersiapkan beberapa waktu sebelum hari perkiraan lahir.

Barang-barang yang perlu dibawa diantaranya meliputi pakaian ibu, obat-obatan, kain, pakaian bayi, selimut, popok serta perlengkapan lainnya. Perlengkpan ini mutlak diperlukan selama proses persalinan dan setelahnya.

Sebaiknya persiapkan semua barang dengan baik dan simpan di dalam satu tas yang mudah di bawa. Susun perlengkapan mulai dari yang dibutuhkan paling awal sampai yang dibutuhkan paling akhir agar Anda tidak kesulitan untuk menemukan barang yang dibutuhkan.

Mempersiapkan tas perlengkapan ini akan sangat membantu Anda dan pasangan ketika tiba waktunya untuk pergi ke rumah sakit untuk bersalin. Menyusunnya dalam satu tas besar dapat mengurangi risiko adanya barang penting yang tertinggal.

Jaga kondisi ibu tetap fit

Hal ini menjadi salah satu persiapan utama yang perlu dilakukan agar proses persalinan berjalan lancara tanpa hambatan. Ibu harus menjaga kesehatan dan kebugaran karena proses persalinan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Ibu bisa menjaga kebugaran tubuh dengan rutin mengikuti senam hamil ataupun rutin berjalan-jalan dan bergerak aktif di sekitar lingkungan rumah. Selain melatih fisik sang ibu, aktif bergerak juga dapat membantu memposisikan bayi dengan tepat agar proses persalinan berjalan mudah.

Proses persalinan merupakan sebuah proses yang tidak mudah karena nyawa menjadi taruhannya. Ketahui semua seluk-beluk mengenai persalinan untuk mempermudah Anda melalui seluruh tahapannya.

Persiapkan segala keperluan terkait persalinan dengan pasangan Anda. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan mental untuk menjadi orang tua.

Agar semua persiapan bisa dilakukan dengan baik kenalilah tanda tanda mau melahirkan sudah dekat pada ibu hamil. Apabila Anda sudah mengenali tanda-tanda akan melahirkan tersebut, Anda akan dapat mengambil tindakan dengan tepat ketika waktu persalinan sudah semakin dekat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.